Ansor Sulteng Kembali Distribusi Bantuan Korban Banjir

Palu, – Gerakan Pemuda Ansor di Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali menyalurkan aneka bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Sigi, Rabu.

Bantuan yang diperoleh dari kader dan masyarakat umum di Kota Palu dan sekitarnya itu digalang dari Ansor Posko Peduli bencana selama dua hari.

Adapun bantuan yang didistribusi Rabu siang antara lain pakaian 10 karung, air mineral 20 dos, mi instan 20 dos, dan beras 25 karung.

“Sementara uang tunai yang sudah kita salurkan selama dua hari ini sebanyak Rp8.663.000. Ini sudah dari masyarakat umum dan kader-kader Ansor,” kata Kepala Satuan Koordinator Cabang Banser Ansor Kabupaten Sigi, Darmawan di Palu, Rabu.

Dia mengemukakan bantuan tersebut didistribusi di Dusun I dan Dusun II Desa Bangga, karena daerah ini termasuk paling parah yang menyebabkan warganya mengungsi.

Sementara untuk dana yang terkumpul dari internal Ansor, ujar dia lebih dari Rp5 juta. Dan dana masyarakat umum yang terkumpul melalui sumbangan di jalan-jalan raya kurang dari Rp4 juta.

Saat ini masyarakat korban banjir khususnya di Desa Bangga, membutuhkan tempat penampungan air, toilet darurat, dan instalasi penerangan.

“Karena hampir semua rumah di dusun I dan dusun II itu tidak layak lagi dihuni karena tertimbun lumpur,” kata Darmawan.

Sehari sebelumnya Ansor juga telah mendistribusi bantuan berupa makanan siap saji, pakaian dan air, sebanyak dua unit bak terbuka.

Koordinator lapangan pengumpul bantuan, Masrafil mengatakan hingga Rabu sore, Ansor Wilayah dan Kota Palu masih terus menggalang bantuan di jalan raya dan dari donasi orang perorang.

“Tadi sore terkumpul dana Rp759.100,” ujarnya.

Masrafil menyebutkan dana tersebut rencananya akan dibelikan lampu, kabel dan bahan bakar minyak untuk mesin penerangan karena saat ini korban bencana di lokasi pengungsian sangat butuh bantuan penerangan listrik.

Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Sulteng, Alamsyah Palenga berharap bagi kader Ansor yang ingin memberi bantuan dapat langsung ke Sekretariat Ansor di Jalan Lasoso Kota Palu.

Dia mengatakan Ansor akan terus menggalang bantuan karena masyarakat korban banjir bandang di Kabupaten Sigi masih membutuhkan uluran tangan para dermawan, apalagi beberapa hari ke depan memasuki bulan Ramadhan.(Ant)