Presiden Sebut Tiga Dukungannya Bagi Ekonomi Digital

Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap tiga dukungan yang dibangun pemerintah bagi pertumbuhan ekonomi digital, salah satunya yakni penyediaan infrastruktur digital.

“Yang pertama penyediaan infrastruktur digital lewat broadband kecepatan tinggi, kita bangun Palapa Ring dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Jokowi dalam sambutannya saat menghadiri acara silaturahim Mitra Juara Gojek 2019 di Ecovention, Ancol, Jakarta, pada Kamis malam.

Menurut Presiden Jokowi, pembangunan Palapa Ring itu ditargetkan selesai pada pertengahan 2019.

Kepala Negara menjelaskan hal kedua yang dibangun oleh pemerintah yakni menciptakan ekosistem investasi yang mendukung bagi pertumbuhan ekonomi digital. Pembangunan ketiga, kata dia, adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang teknologi digital.

“Inilah tiga hal besar yang telah kita kerjakan dan kita juga meminta perusahaan-perusahaan yang sudah maju di ekonomi digital seperti Gojek, saya juga minta untuk mendukung anak-anak muda kita untuk go-online dan mengadopsi teknologi digital,” kata Presiden Jokowi.

Menurut dia, perkembangan startup juga membuktikan manfaat teknologi digital bagi masyarakat luas. Presiden Jokowi menyebut ekonomi digital ke depan sangat memberikan harapan kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dengan pemanfaatan ekonomi digital, dapat menciptakan peluang-peluang usaha bagi usaha mikro, kecil, menengah di Tanah Air,” ujar Presiden Jokowi.

Hal itu dilakukan dengan menyambungkan antara pelaku usaha di kawasan offline dengan promosi melalui teknologi informasi online kepada pasar, baik di dalam negeri maupun luar negeri.(Ant)