Wamenkes Sebut Kekebalan Kelompok Capai Bila Mayoritas Warga Divaksinasi

Jakarta – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengemukakan bahwa kekebalan kelompok akan tercapai apabila mayoritas penduduk sudah menjalani vaksinasi COVID-19.

“Herd immunity (kekebalan kelompok) adalah kalau sebagian besar masyarakat di Indonesia itu bisa divaksinasi,” kata Dante saat menyampaikan sambutan pada acara peresmian Sentra Vaksinasi Universitas Indonesia di Salemba, Jakarta, yang disiarkan secara virtual pada Senin.

Dia menekankan pentingnya vaksinasi untuk menekan angka kematian akibat COVID-19.

“Kegiatan vaksinasi penting untuk menjamin bahwa kematian akan menurun pada mereka yang terkena COVID-19,” katanya.

Menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Minggu (5/9) jumlah warga Indonesia yang sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19 sebanyak 38.223.153 orang, bertambah 192.501 orang dari hari sebelumnya.

Pemerintah berencana melakukan vaksinasi COVID-19 pada 208.265.720 warga guna mewujudkan kekebalan kelompok terhadap COVID-19.

Dalam upaya mempercepat tercapainya kekebalan kelompok terhadap COVID-19, Dante mengatakan, pemerintah menargetkan penyuntikan sekitar 2,3 juta dosis vaksin per hari.

“Ini bukan program eksplisit Kemenkes. Dengan bantuan teman-teman sekalian dari alumni, institusi, swasta, perusahaan, organisasi sosial, TNI, Polri, maka program vaksinasi ini bisa dilakukan percepatannya,” kata Dante.

Selain vaksinasi, Dante mengemukakan, pilar penting dalam upaya penanggulangan COVID-19 mencakup penggiatan pemeriksaan dan pelacakan orang-orang yang melakukan kontak erat dengan penderita infeksi virus corona, penanganan pasien di rumah sakit, dan penegakan protokol kesehatan.

“Kita melakukan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat mengambil bagian di tempatnya masing-masing untuk mengatasi pandemi ini melalui program protokol kesehatan yang sudah kita buat,” katanya. (Ant)