Gen Z Education

”Gen Z Education” yaitu pendidikan di Indonesia sekarang yang meliputi anak-anak yang lahir sekitar tahun 1995-2010. Tentu saja sekarang anak-anak yang lahir pada tahun itu sudah beranjak remaja atau dewasa. Menurut sudut pandang saya yang juga termasuk Generasi Z pendidikan tentu sangat penting di zaman sekarang.

Namun, tidak sedikit diantara mereka yang menyianyiakan kesempatan untuk belajar, itu semua bisa karena faktor pergaulan atau juga faktor ekonomi. Pelajar dan mahasiswa juga sudah banyak yang kecanduan dengan gadget, faktor ini juga termasuk faktor yang sangat mempengaruhi minat belajar mereka.

Sebenarnya jika kita bisa menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya maka kita akan lebih mudah untuk menggapai cita-cita. Karena menurut saya teknologi yang diciptakan sebenarnya untuk mempermudah manusia di zaman sekarang dalam menempuh pendidikan, hanya saja mereka menggunakan itu semua untuk hal-hal yang tidak berguna.

Faktor ekonomi juga mempengaruhi banyaknya pelajar yang tidak bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. Sebenarnya pemerintah sudah mengeluarkan anggaran untuk pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu. Namun,terkadang tidak banyak dari mereka yang berusaha untuk mendapatkan itu.

Pada Generasi X dan Y mereka yang ingin bersekolah lebih sulit daripada sekarang,namun tidak sedikit dari mereka menjadi orang sukses. Itu semua tentu saja karna keinginan yang kuat. Sebagai pelajar dan mahasiswa seharusnya kita bisa menggunakan teknologi dengan baik yaitu menggunakannya dengan seperlunya saja. Karena jika terlalu berlebihan akan membuat kita semakin malas untuk berfikir dikarenakan kita merasa semuanya sudah bisa dicari di google.

Sebagai generasi masa depan hendaknya kita bisa memilih-milih orang untuk dijadikan teman. Banyak orang-orang yang putus sekolah karena salah pergaulan. Ini semua dikarenakan kurangnya iman yang membuat kita lebih mudah untuk terhasut.

Banyak orang yang memakai narkoba karena lingkungan sekitar, dan tidak sedikit pula diantara mereka yang harus kehilangan nyawa. Sekarang di Indonesia perang tidak lagi dilakukan dengan senjata tajam tapi dilakukan hanya dengan barang-barang terlarang. Karena banyak pelajar dan mahasiswa yang gugur karena memakai narkoba yang awalnya hanya coba-coba dan lama-kelamaan menjadi kebiasaan.

Semakin tahun pendidikan di Indonesia semakin buruk, ini semua bukan disebabkan karena tenaga pengajar, tapi ini semua disebabkan karena pelajar dan mahasiswa itu sendiri. Banyak guru yang menjadi korban hanya karna tingkah laku muridnya yang kurang ajar. Hal ini tentu saja keluarga mempunyai peran penting dalam pembentukan budi pekerti yang baik untuk anak-anaknya.

Oleh : Nurzila Mahasiswa Umbrah Jurusan Ilmu Adminitrasi Negara