Pangdam II perintahkan jajaran di perbatasan bertugas secara baik

Jambi – Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi, memerintahkan para prajurit TNI yang bertugas menjaga perbatasan negara dengan Papua Nugini agar dapat menjalankan tugasnya secara baik sesuai aturan dan jangan ada pelanggaran, korban dan tetap selalu menjalankan tugas pokok selama bertugas.

Hal ini dia katakan saat didampingi Komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigadir Jenderal TNI Supriono, saat mengunjungi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-PNG yang dilakukan prajurit Batalion Infantri Raider 142/KJ di wilayah Papua.

Kepala Penerangan Korem 042/Garuda Putih, Mayor Infantri RM Hatta, dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis, menyatakan, “Kunjungan panglima Kodam II/Sriwijaya dengan didampingi komandan Korem 042/Garuda Putih serta Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf M Machbub Junaedi, ke daerah penugasan Papua dalam rangka pengendalian dan pengawasan Operasi Satgas Pamtas Indonesia-PNG, Batalion Infantri Raider 142/KJ dan direncanakan kunjungan itu pada 21-22 September 2022.”

Selain itu juga bentuk perhatian kepada jajaran, yang ditunjukkan dengan kehadiran pemimpin yang wajib berada di tengah-tengah pasukan di wilayah penugasan Satgas Pamtas RI-PNG pasukan dari Batalion Infantri Raider 142/KJ, yaitu saat mengunjungi Pos Bolakme, di Distrik Bolakme, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Hadi beserta rombongan tiba di Bandara Wamena pada pukul 09.50 WIT dengan menggunakan pesawat terbang Trigana Air selanjutnya menuju Pos Bolakme disambut Komandan Pos Bolakme, Kapten Infantri Oslan Purba, dilanjutkan jajar kehormatan, peninjauan pos, dan paparan komandan Satgas Pamtas Indonesia-PNG/Batalion Infantri Raider 142/KJ.

Dalam kunjungan itu, Hadi menekankan kepada prajurit Satgas Pamtas/Batalion Infantri Raider 142/KJ, hal yang mendasar dalam bertugas agar membaur bersama masyarakat, apa yang menjadi kesusahan dan kesulitan masyarakat tugas kita membantu mereka.

“Jangan ada pelanggaran, jangan ada korban dan tetap selalu menjalankan tugas pokok dengan baik dan kalau ada masyarakat yang berseberangan dengan kita di wilayah penugasan, kita harus selalu waspada, kita adalah objek saudara-saudara kita yang berseberangan, jadi kita harus menjaga keamanan kita baik di pos maupun di luar pos,” kata dia.

Secara teknis para prajurit sudah melakukan hal terbaik selama bertugas di sini, ini harus selalu dijaga hingga purna tugas dan tetap ingatkan semua rekan-rekan yang ada di sini dan di pos-pos lain.

Setelah memberikan arahan, dia juga memberikan tali asih yang diberikan kepada personel Pos Bolakme untuk meningkatkan semangat selama dalam penugasan.

Terkait dengan arahan itu, Komandan Satuan Tugas Pamtas/Batalion Infantri Raider 142/KJ, Letnan Kolonel Inf Esnan Haryadi, bangga atas kehadiran para atasannya di daerah operasi yang jaraknya sangat jauh dari markas komando mereka. “Kami bangga sekali dan semua arahan, petunjuk dan perintah Pangdam II/Swj akan kami ikuti, karena beliau adalah bapak kita, yang sudah peduli dengan berkunjung ke Papua ini,” katanya. (Ant)