Meulaboh – Personel Polres Aceh Barat melakukan pengamanan pelaksanaan ibadah peringatan Tahun Baru Imlek di Vihara Sakyamuni, Gampong Pasar Aceh, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Pengamanan yang kami lakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada umat Budha, yang sedang melaksanakan perayaan Tahun Baru Imlek,” kata Kasub Bag Binops AKP Agus Purwanto, Senin.

Ia mengatakan, selain mengamankan jalannya ibadah dan perayaan tahun baru Imlek, pihaknya juga turut mengamankan lingkungan di sekitar Vihara.

Personel yang melakukan pengamanan juga disiagakan pintu masuk Vihara, serta di beberapa lokasi lainnya.

Petugas kepolisian juga turut memberi imbauan kepada jemaat yang membawa sepeda motor dan kendaraan roda empat, agar dapat memarkirkan kendaraan secara aman dan tertib.

AKP Agus Purwanto menambahkan, perayaan Tahun Baru Imlek di Vihara Sakyamuni Meulaboh, Aceh Barat, yang dirayakan oleh umat Budha dihadiri sekitar 180 orang jemaat.

Ada pun kegiatan ibadah yang dilakukan seperti sembahyang, berdoa, dengan Tema Dalam Cinta Kasih Kita Semua Bersaudara.

Pihak kepolisian menghimbau kepada umat Budha agar sama-sama bersinergi mewujudkan keamanan dan ketertiban yang kondusif di Kabupaten Aceh Barat.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar saling menghargai serta menjaga kerukunan umat beragama.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Vihara Sakyamuni Meulaboh, Aceh Barat, Sumadi Tju (Apok) mengapresiasi dan berterima kasih kepada personel Polres Aceh Barat yang telah melaksanakan pengamanan di lokasi Vihara. (Ant)