Jokowi: Perolehan Suara di Jakarta Minimal 55 persen

Jakarta, – Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo menargetkan perolehan suara pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di wilayah DKI Jakarta minimal 55 persen.

“Pada Pilpres 2014, DKI mendapatkan 53 persen, menang. Di 2019, minimal 55 persen di DKI Jakarta,” kata Jokowi, saat kegiatan Silaturahmi Capres Nomor Urut 01 dengan Masyarakat DKI Jakarta, di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta, Rabu malam.

Target perolehan suara yang disampaikan Jokowi itu, langsung diamini oleh para pendukungnya yang memenuhi gelanggang itu, seraya menyampaikan kesiapannya.

“55 persen itu minimal. Kalau dapatnya 60, ya enggak apa-apa,bu. Dapatnya 65, boleh. Dapat 70 juga boleh,” katanya, disambut sorak-sorai pendukungnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengingatkan masyarakat bahwa pesta demokrasi semestinya diisi dengan penuh kegembiraan, bukan ketakutan.

Jangan sampai, kata dia, pesta demokrasi justru diisi dengan ketakutan, ancaman, dan intimidasi karena pesta demokrasi untuk memilih pemimpin harus disambut dengan gembira.

“Jangan sampai nantinya dari pintu ke pintu atau di media sosial banyak hasutan, fitnah, kabar bohong, hoaks. Itu yang harus kita lawan dan perangi bersama-sama,” katanya pula.

Bahkan, kata Jokowi lagi, isu-isu tidak benar mulai beredar di masyarakat, seperti pendidikan agama yang akan dihapus hingga azan yang dilarang jika Jokowi menang.

“Jelas tidak akan, karena Cawapres kita adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hati-hati, kalau ada tetangga, kawan kita terkena hasutan, tolong diluruskan,” ujar Jokowi.

Kedatangan Jokowi di GOR Ciracas disambut dengan tradisi palang pintu khas Betawi untuk menyambut tamu pada acara pernikahan, dengan saling berbalas pantun.

Massa mulai memadati GOR Ciracas sejak Rabu petang dengan membawa berbagai atribut bergambar pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Spanduk dukungan juga terpasang di berbagai sudut dalam GOR, seperti “Jokowi Amin Pilihanku”, “Kite Peduli Kite Pilih Jokowi”, dan “Kite Betawi Kite Coblos Jokowi”(Ant)