Ketua DPD RI Ingatkan Masyarakat Utamakan Kebutuhan Utama Pada Bulan Ramadhan 1443 H

Jakarta – Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan masyarakat untuk mengutamakan kebutuhan utama selama Ramadan 1443 Hijriah.

“Masyarakat harus berhemat dan memprioritaskan kebutuhan pokok lebih dahulu karena saat ini perekonomian tidak stabil. Jika masyarakat boros belanja menjelang Lebaran, dikhawatirkan menjadi permasalahan lain setelah lebaran,” kata LaNyalla dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

LaNyalla mengimbau masyarakat untuk menghindari utang untuk kepentingan yang konsumtif.

Ia berharap masyarakat menerapkan manajemen keuangan dengan skala prioritas dan yang penting terlebih dahulu, mengingat kondisi perekonomian masih sangat labil dan belum pulih pasca-COVID-19.

“Setelah 2 tahun tertunda, keinginan mudik pasti ada. Silakan saja. Akan tetapi, lebih baik mudik setelah kebutuhan yang menjadi prioritas terpenuhi,” katanya.

Kepada masyarakat yang tetap ingin mudik, LaNyalla mewanti-wanti untuk segera suntik vaksin booster.

“Masyarakat yang berencana mudik Lebaran 2022 lebih baik segera disuntik vaksin booster mumpung masih awal-awal Ramadan. Nanti menjelang Lebaran, dikhawatirkan berdesak-desakan dan antrean yang panjang,” katanya.

Bagi pemudik yang menggunakan motor, LaNyalla mengingatkan agar memperhatikan kondisi kendaraan dan menaati rambu lalu lintas.

“Ikuti prokes untuk melindungi diri dari potensi penularan wabah. Pemudik juga harus tertib dalam perjalanan utamakan keselamatan dan tetap sabar antre saat petugas memeriksa kelengkapan persyaratan,” pesan LaNyalla. (Adv)