Pemdes Pagar Banyu, Gelar Musdes Dalam Rangka Penyusunan RKPdes Tahun 2022

Bengkulu, Wartadaerah.com – Dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif,  berkesinambungan serta mengsinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa perlu dilakukan penyusunan rencana kerja pemerintahan desa (RKPdes) setiap tahunnya.

Sebagai implementasi dari hal tersebut Badan Permusyawaratan Desa(BPD) desa Pagar Banyu kecamatan Armajaya kabupaten Bengkulu Utara menyelenggarakan Musyawarah desa (Musdes) dalam penyusunan Rencana Kerja Desa (RKPdes) desa Pagar Banyu tahun 2022 bertempat di Aula kantor desa Pagar Banyu ,Selasa 21/09/2021.

Dalam Musdes kali ini dihadiri camat kecamatan Armajaya Hartono,SP, pendamping lokal desa, ketua BPD beserta anggota, babinkamtibmas, para perangkat desa, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Kegiatan Musdesbangdes dibuka lansung oleh camat Armajaya Hartono,SP, dalam arahannya bahwa RKPdes ditahun 2022 tidak terlepas dari RPJMdes yang kita laksanakan harus sesuai dengan RPJMdes selama 6 tahun, usulan usulan dari tokoh masyarakat, tokoh agama akan kita tampung, BPD mewakili masyarakat dan menampung aspirasi masyarakat dan Pemdes wajib membentuk tim tujuh untuk menyusun RKP tahun 2022, kesempatan itu juga camat Armajaya Hartono, juga mengingatkan agar masyarakat taat pajak bumi dan bangunan (PBB), terkait pemilihan kepala desa serentak camat Hartono mengingatkan nantinya BPD agar berkerja ekstra ketat, membentuk panitia Pilkades ditahun 2022 mendatang, terkait masalah pandemi saat ini camat juga menghimbau agar masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan.

“Jangan kita terlena karena pandemi covid-19 masih disekitar, silahkan nanti diusulkan masalah pemberdayaan mengendalikan stanting demi pembangunan didesa kita,”. Ujar camat Armajaya Hartono.

Sementara itu kepala desa Pagar Banyu dalam arahan dan laporannya untuk tahun anggaran 2021 sudah terealisasi namun ada beberapa program yang mungkin belum terealisasi akibat refocusing anggaran dalam upaya pencegahan covid-19 agar dapat dimasukan kembali ditahun anggaran 2022, kedepan pemerintah desa Pagar banyu akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat disegala bidang.

“Untuk tahun2021 sudah terealisasi namun ada beberapa mungkin belum bisa terealisasi akibat refocusing anggaran dalam upaya pencegahan Covid-19 agar dapat dimasukan ditahun anggaran 2022 dan kedepan pemerintah desa akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat disegala bidang,”. tutupkades Alfiansyah.

Acara Musdesbangdes tahunan desa Pagar banyu berjalan lancar dan tetap mentaati protokol kesehatan yang ketat. (Adv)