Habibie Dalam Ingatan Orang Gorontalo

Gorontalo,  – Bacharuddin Jusuf Habibie adalah salah satu kenangan terbaik bagi orang Gorontalo. BJ Habibie adalah simbol. Simbol kecerdasan dan simbol kesuksesan.

Habibie yang jenius hidup dalam ingatan, doa dan harapan orang Gorontalo, terutama kepada generasi penerusnya. Seringkali orang tua di Gorontalo memakai Habibie sebagai standar sebuah pencapaian.

Nama Habibie disebut setiap kali orang tua melontarkan asa dan memilihkan cita-cita untuk anaknya. Kebiasaan itu sudah ada sejak dulu, jauh sebelum Habibie menjadi presiden. Kendati tak semua orang Gorontalo benar-benar paham seluk beluk perjuangannya.

“Belajar yang rajin, supaya pintar seperti Habibie,” kalimat seperti itu lazim terdengar sebagai nasihat di dalam kehidupan orang Gorontalo.

Bonggulo adalah sebutan dalam Bahasa Gorontalo yang juga melekat pada sosoknya, setidaknya bagi orang Gorontalo.

“Tidak apa-apa bonggulo, itu artinya pintar seperti Habibie,” ujar Kadrina Rauf warga Gorontalo, menirukan kata orang tuanya dulu.

Bonggulo berarti dahi atau jidat yang lebar. Barang siapa yang berdahi lebar atau ukuran kepalanya besar, akan pintar seperti Habibie. Begitu kira-kira.

Demikian halnya dengan minggulo, yang artinya mata besar. Bola mata yang lincah dan sorot yang tajam, juga dianggap sebagai ciri orang cerdas. Lagi-lagi rujukannya adalah Habibie. (Ant)